189 Kepala Desa Se-Banyuwangi Laksanakan Pelatihan ESQ

BANYUWANGINEWS.ID – Pelatihan ESQ  Kepala Desa Se-Kabupaten Banyuwangi diselenggarakan di Ballroom Hotel el-Royal yang diikuti oleh 189 kepala desa se-Banyuwangi, Kamis (19/12/2019).

Dengan tujuan meningkatkan motivasi dan memperkuat karakter kepala desa, sehingga  terciptanya  pemimpin desa yang ideal dan juga salah satunya untuk meningkatkan rasa syukur sebagai  kepala desa yang telah terpilih oleh rakyatnya sehingga akan lebih bersemangat dan lebih ikhlas dalam menjalankan tugasnya.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Banyuwangi, Kusiyadi mengatakan bahwa seluruh biaya yang digunakan untuk penyelenggaraan ESQ tersebut berasal dari APBDes masing-masing desa.

“Pembiayaan ESQ ini berasal dari APBDes  masing-masing desa th 2019, di kala nanti di tahun 2020 akan dianggarkan kembali  dengan dana  APBDes dengan mengajak istri.” ujarnya.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas dalam sambutannya meminta seluruh kades di tahun 2020 harus  menganggarkan pengelolaan sampah. Rantang kasih juga bisa dianggarkan di dana desa. Video kreatif juga akan tetap dilombakan.

Selain itu, Anas juga mengharapkan di tahun 2020 seluruh desa ikut menjalankan program smart kampung yang di tahun sebelumnya hanya diikuti 56 dari 189 desa. Smart kampung akan ditekankan pada pelayanan publiknya dan seluruh desa harus  mengikuti  lomba smart kampung.

Di tahun 2020, Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Banyuwangi akan melaksanakan pertandingan bola voli antar desa untuk dipertandingkan di kecamatan hingga Kabupaten. Semua desa diharapkan untuk membentuk klub bola voli. Begitu pula di bidang seni. Salah satunya adalah Lomba Hadrah Islami (ISHARI) juga akan ada di tahun 2020. Jadi semua desa diharapkan mempunyai klub di masing-masing bidang tersebut.

Bupati Banyuwangi saat memberikan sambutan kepada para peserta ESQ (foto: Ali)

“Kenapa program di tahun  ini ada olahraga, karena salah satu istrumen ini yang paling disukai oleh para anak-anak muda di kabupaten Banyuwangi, antara lain yakni nomor satu film, kedua olahraga dan ketiga seni. Kalau perlu untuk hadrah tidak perlu dibayari APBDes, cukup dengan patungan saja.” ungkap Anas.

Bupati Banyuwangi juga memberikan ucapan Selamat kepada para peserta ESQ yang telah mengikuti kegiatan tersebut.

“Saya pribadi meminta khusus kepada  pak Iman untuk mengisi ESQ di kegiatan ini. Beliau tersebut sudah  berpengalaman dengan para pegawai bank untuk mengisi materi ESQ dan hari ini kita mengadakan pelatihan hebat. Manfaatkan dengan baik. Boleh jabatan kita  cuman sebagai Kades, tetapi mentalnya harus sama dengan pegawai Bank Indonesia yang gajinya besar. Semoga jadi kepala desa hebat yang melahirkan kebijakan hebat pula.” pungkasnya. (Ali/Zen)

Recommended For You

About the Author: Banyuwangi News

Tinggalkan komentar