Antisipasi Arus Mudik dan Balik Lebaran, Ops Ketupat Semeru 2019 Digelar 13 Hari

BANYUWANGINEWS.ID – Dalam rangka mengantisapasi arus mudik dan balik lebaran, Polres dan Pemkab Banyuwangi gelar rapat kordinasi (Rakor).

Adapun hasil dari rakor tersebut, Kapolres AKBP Taufik mengatakan, pelaksanaan Operasi (Ops) Ketupat Semeru 2019 dilaksanakan selama 13 hari mulai tanggal 29 Mei – 10 Juni 2019.

Pos

“Pengamanan kita menyeluruh, meliputi arus lalu lintas, kondusivitas wilayah hingga pengamanan obyek wisata. Penanganan khusus antisipasi kerawanan kemacetan di lokasi pelabuhan ASDP Ketapang dengan cara memanfaatkan kantong parkir di sekitar pelabuhan sebanyak 4 tempat lokasi. Kesiapan bandara dalam menghadapi arus mudik Idul Fitri,” jelasnya saat ditemui di ruang Rupatama, Polres Banyuwangi, Jum’at (25/4)

Sementara personil yang dilibatkan dalam 1 pos terdiri polri, TNI, Sat Pol PP, dishub, kesehatan, PMK, Senkom, orari, ormas terkait.

Menurut Taufik, selama H- 7 hingga H + 7 lebaran, lanjut Kapolres, semua tim gabungan yang terkait operasi ini akan berjaga sepanjang 24 jam di Pospam. Bahkan, H -2 sebelum Idul Fitri dimana arus mudik sedang mencapai puncaknya, aparat kepolisian akan mendampingi para pemudik dari penyeberangan Ketapang hingga sampai perbatasan Kalibaru. Sehingga mereka bisa dengan lancar dan aman sampai ke kampung halamannya.

“Tahun ini kan beda dengan tahun lalu, sudah ada tol mungkin banyak pemakai kendaraan yang mudik sehingga perlu kesiagaan penuh,” ujarnya. Dalam pelaksanaan ops ketupat semeru tahun ini, polres telah menyiapkan pos pengamanan sebanyak 24 pos yang terdiri dari, pos terpadu ketapang 1 pos, pos pam sebanyak 7 dan pos yan sebanyak 18 pos. Polri telah mempersiapkan diri dalam pelaksanaan ops ketupat semeru 2019 dengan mendirikan pos – pos pengamanan yang ditempatkan di tempat-tempat umum dan stategis,” paparnya.

Sedangkan untuk pasukan, katanya, yang dikerahkan aparat kepolisian sebanyak 441 personal. Nantinya juga akan ada penambahan dari Polda Jatim pasukan Jibom dan Polair Baharkam dari Mabes Polri.

“Fokus ada di pelabuhan ASDP Ketapang, lokasi keramaian, obyek wisata, obyek vital dan seluruh wilayah di Banyuwangi,” tegasnya (Wawan/Zar)

Recommended For You

About the Author: Banyuwangi News ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *