Antisipasi Wabah Covid-19, Ansor Banser Banyuwangi Kota Semprot Puluhan Tempat Ibadah dan Wisata Dengan Disinfektan

BANYUWANGINEWS.ID – Untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, puluhan masjid dan mushala di kecamatan Banyuwangi disemprot cairan disinfektan masal, Ahad, 22 Maret 2020. Penyemprotan tersebut oleh sejumlah pengurus dan anggota GP Ansor – Banser Kecamatan Banyuwangi. Kampung warna kalilo atau Lohkanti destinasi wisata yang berada di pusat kota tak luput dari aksi tanggap virus mematikan ini.

Sterilisasi rumah ibadah dilakukan pertama di Masjid Raudhatus Sholihin, Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi. Para petugas melakukan penyemprotan ke seluruh sudut masjid, lantai, dinding, hingga pintu masjid. 

Kemudian pengurus dan anggota bergerak di TK. Khotijah 08, Singonegaran. Di tempat pendidikan di bawah naungan Muslimat NU tersebut, petugas langsung melakukan sterilisasi seluruh sudut ruang kelas dan meja kursi siswa.

“Kita lakukan sterilisasi di setiap sudut. Agar mereka aman dan nyaman dalam melaksanakan kegiatan ibadah dan belajar-mengajar. Ini juga sebagai bentuk ajakan dan imbauan kepada masyarakat untuk senantiasa menjaga kebersihan ruang publik,” kata Sekretaris GP Ansor Kecamatan Banyuwangi Moh. Riza Pahlevi.

Penyemprotan di TK Khodijah 8 Banyuwangi

Kepada pengelola ataupun pengurus, Riza memberikan penekanan agar tempat dan benda yang sering tersentuh publik hendaknya rutin dilakukan pembersihan dengan disinfektan.

“Tempat ibadah dan tempat yang banyak didatangi harus sering dibersihkan. Seperti lantai ruangan, meja, atau benda-benda lain yang kerap disentuh publik itu harus sering dibersihkan. Menghindari kuman dan virus yang bisa masuk ke tubuh kita,” ungkap Riza.

“Dan jangan lupa lakukan proteksi diri, kerap cuci tangan dengan sabun, konsumsi gizi seimbang, olahraga teratur, istirahat cukup, berpikir positif dengan mengelola tingkat stres,” pesan Riza.

Penyemprotan di tempat ibadah

Penyemprotan Kampung warna kalilo atau Lohkanti yang menjadi destinasi wisata pusat kota, juga dilaksanakan pagi itu “Selanjutnya kami akan menyemprot tempat wisata pusat kota ini. Ini adalah upaya kita peduli kepada masyarakat dan turut memberikan dukungan penuh kepada pemerintah agar keguyuban ini menjadi penyokong penuh kemajuan daerah dan masyarakat,” ujarnya.

Penyemprotan di tempat wisata Kalilo Banyuwangi

Sementara itu, Sekretaris MWC NU Kecamatan Banyuwangi H. Nano Hermawan memberikan suport penuh atas kegiatan sosial pagi itu. Dia pun mengimbau kepada masyarakat untuk melakukan penyemprotan di lingkungannya masing-masing, khususnya lokasi yang kerap didatangi masyarakat umum.

“Kegiatan penyemprotan adalah bagian dari sosialisasi kepada pengelola tempat ibadah, tepat pelayanan publik, dan tempat-tempat umum lainnya untuk melakukan hal yang serupa. Karena proses ini bisa menjaga diri dan mencegah kita dari virus corona. Saya apresiasi penuh atas inisiatif generasi muda NU yang luar biasa sekali. Terus kompak, solid, dan memberikan kebaikan,” kata Nano, sapaan akrab H. Nano Hermawan.

Menurut Nano, penyemprotan disinfektan ini sangat memungkinkan dilakukan secara swadaya oleh masyarakat yang berada di masing-masing ranting NU, karena tentu waktu dan tenaga yang dimiliki serba terbatas.

“Alat sprayer mudah didapat di pasaran. Cairannya bisa menggunakan lisol atau atau cairan desinfektan lain yang sangat mudah didapatkan di pasaran. Warga juga bisa datang langsung ke Puskesmas untuk mendapatkan info lebih lanjut. Tinggal mengatur bagaimana teknis kolaborasi dan actionnya,” pungkas Nano.

para kader Ansor Banser dan Pengurus NU Ranting Singonegaran saat sesi foto bersama di TK Khodijah 8

Ditambahkan Riza, baksos Ansor-Banser dalam tanggap Corona ini akan terus dilaksanakan, sampai dengan virus corona ini menghilang. “Setidaknya untuk hari ini saja ada 17 titik Musholah dan Masjid, 1 Gedung Taman kanak-kanak serta 2 tempat wisata, ” terangnya.

Tanggal 25 Maret 2020 depan, kata dia, kita akan kembali melakukan aktivitas baksos ini. Salah satu titik sasarannya yakni Kelurahan Panderejo.

“Kemudian minggu depannya lagi kita masih lanjutkan membasmi virus mematikan ini, di titik-titik yang di tentukan Ranting NU Se-Kecamatan Banyuwangi. Mari bersama kita lawan Virus Corona,” pungkas Riza menutup keterangannya.(Zar/Zen)

Recommended For You

About the Author: Banyuwangi News

Tinggalkan komentar