Diduga Palsukan Dokumen, Bakal Calon Kepala Desa dan Pj. Kades Tamansuruh akan Dilaporkan ke Polres Banyuwangi

Eliani Sudjana salah satu bakal calon kepala Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi, akan melakukan upaya hukum. Usai ditemukanya dugaan tindak pidana pemalsuan dokumen persyaratan bakal calon kepala Desa Tamansuruh.

Rupanya, pelaporan persoalan ini ke Polres Banyuwangi  tidak hanya ditujukan kepada  Rowiyah yang juga menjadi bakal calon kepala desa setempat. Namun Pj. Kades Tamansuruh Moch. Farid Iriawan, juga akan diseret dalam pemalsuan dokumen untuk mendukung persyaratan Rowiyah menjadi calon kepala Desa Tamansuruh.

Saat ditemui di pos relawannya di Desa Tamansuruh, Kecamatan Glagah, Banyuwangi.  Eliani Sudjana membeberkan kejanggalan hasil test tulis dan skoring yang diinformasikan oleh Panitia Pemilihan Kepala Desa Tamansuruh. Dimana poin 20 pada skor pengalam kerja yang  diraih bakal calon kepala desa,  jika memiliki pengalam kerja lebih dari sepuluh tahun.

“ Namun data yang disetor Ibu Rowiyah, kami menduga penuh dengan kepalsuan atau ada indikasi pemalsuan dokumen.  ” Tegas Eliani Sudjana kepada Banyuwanginews.id, Sabtu(31/08/19)

Eliani Sudjana yang merupakan bakal calon kepala desa paling muda di Desa Tamansuruh menambahkan, Dugaan pemalsuan dokumen persyaratan ini juga telah melibatkan Pj. Kades Tamansuruh. Sehingga temuan ini akan segera ia tindak lanjuti, dengan melaporkan dugaan pemalsuan dokumen tersebut ke Polres Banyuwangi.

“ Senin tanggal dua September besok, kita akan laporkan temuan ini ke Polres Banyuwangi. pastinya pasal yang kita laporkan adalah pemalsuan dokumen, yang kira kira ancaman hukumanya enam sampai tujuh tahun penjara. ” Imbuhnya

Perlu diketahui dari data yang dihimpun Banyuwanginews.id terkait tidak pidanan pemalsuan dokumen seperti yang tertera pada pasal 263 KUHP jo. Pasal 264 KUHP ancaman kurungannya  lebih dari 5 Tahun Penjara. (Dik/Zen)

Recommended For You

About the Author: Banyuwangi News ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *