Diduga Salahgunakan Wewenang, Warga Desa Lemahbangdewo Laporkan Oknum Staf Desa

BANYUWANGINEWS.ID – Warga Desa Lemahbang Dewo Kecamatan Rogojampi, Banyuwangi,  kembali melaporkan oknum staf desa yang diduga seringkali menyalahgunakan jabatan dan wewenangnya.

Evan Fajar Pratama, salah satu tokoh pemuda Desa Lemahbang Dewo, mengatakan bahwa contoh dari penyalahgunaan jabatan adalah adanya undangan rapat kepada BPD tertera tanggal 15 Oktober 2019, tentang pembahasan APBDES Perubahan. Pada undangan tersebut, tertulis yang mengundang adalah Nurkholik selaku Sekretaris Desa atas nama Kepala Desa.

“Padahal pada tanggal 7 Oktober 2019, Bupati telah menunjuk Supriadi sebagai PJ Kades Lemahbang Dewo sebelum pilkades berlangsung, beliau itu sudah aktif berdinas di desa”, jelas Evan

“Bahkan pada saat rapat tersebut PJ Supriadi tidak hadir, karena beliau tidak mengetahui adanya agenda rapat tersebut”, tambah salah satu pengusaha di Lemahbang Dewo itu.

Mirisnya saat ditelusuri lagi, undangan rapat tersebut hanya melalui WA, tanpa adanya surat undangan dan perangkat desa lain seperti RT dan RW tidak dilibatkan dalam pembahasan perubahan anggaran tersebut.

Karena adanya penyalahgunaan wewenang tersebut, warga meminta kepada BPD dan dan PJ Kepala Desa Lemahbang Dewo untuk melakukan penyegaran di sektor internal birokrasi desa, seperti rolling jabatan dan lebih memberdayakan pemuda-pemuda yang mumpuni serta berintegritas membangun desa dalam perekrutan perangkat desa.

Salah satu anggota LPMD Desa Lemahbang Dewo, Sumajik, yang ikut hadir dalam rapat perubahan APBDES tersebut membenarkan adanya rapat pada tanggal 15 Oktober, dirinya mengaku diberitahu oleh Slamet Anshori, salah satu anggota BPD.

“Pak Anshori hanya menunjukkan WA undangan tersebut kepada saya,” terangnya.

Sumajik juga menambahkan, bahwa rapat tersebut dibubarkan oleh BPD, karena BPD menilai pokok pembahasan perubahan APBDes tersebut belum jelas, dan Supriadi selaku PJ Kades pada saat itu juga tidak ada. Saat dikonfirmasi PJ Kepala Desa Lemahbang dewo, Supriadi membenarkan bahwa dirinya tidak tahu soal undangan rapat tersebut.(Sofan/Zen)

Recommended For You

About the Author: Banyuwangi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *