Puluhan Ribu Botol Jamu Ilegal Dimusnahkan Bareskrim Mabes Polri dan Kejaksaan Agung Republik Indonesia

BANYUWANGINEWS.ID-Dua gudang berisi puluhan ribu botol jamu merek Raja Tawon dan Tawon Lanceng di kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur, yang sempat diamankan Kanit 2 Subdit  1 Dit Tipiter Bareskrim Polri AKBP Gede Suyasa dengan dipasang  garis polisi pada Sabtu (12/10/19), akhirnya dimusnahkan bersama Kejaksaan Agung Republik Indonesia.

Pemusnahan jamu tersebut dilaku selama dua hari. Untuk hari pertama pada Selasa (21/01/20) dilakukan di Gudang jamu merek Raja Tawon, di Desa Sumberayu, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. dengan disaksikan oleh Polsek Muncar, Ketua RT, Ketua RW, serta pemilik jamu yang juga menjadi tersangka dalam kasus ini.

Saat dilokasi AKBP Gede Suyasa selaku Kanit 2 Subdit  1 Dit Tipiter Bareskrim Polri didampingi pihak kejaksaan Agung Republik Indonesia menjelaskan, pemusnahan ini atas dasar petunjuk Jaksa Penuntu Umum (JPU) Kejaksaan Agung, serta jamu merek Raja Tawon diamankan Bareskrim Mabes Polri lantaran tak memilik ijin edar dan mengandung Bahan Kimia Obat (BKO).  

“ Jadi jelas, pemilik jamu telah melanggar pasal 196 dan 197 Undang Undang Kesehatan tahun 2009 dengan ancaman kurungan lima belas tahun penjara. ” Tegas AKBP Gede Suyasa selaku Kanit 2 Subdit  1 Dit Tipiter Bareskrim Polri kepada Jurnalis Banyuwanginews.id

AKBP Gede Suyasa  menambahkan, untuk hari kedua, pada Rabu (22/01/20) tempat pemusnahan dilakukan di gudang merek Raja Tawon di Desa Tembokrejo, Kecamatan Muncar, Banyuwangi. Pemusnahan yang dilakukan menggunakan satu alat berat,  juga disaksika oleh Polsek Muncar, Ketua RT,  RW setempat dan Pemilik.

“ Jadi selama dua hari ini, total jamu yang kita musnakan sebanyak tiga puluh lima ribu delapan ratus botol, dan yang paling banyak merek Raja Tawon yang gudangnya di Desa Sumberayu, kecamatan Muncar, Banyuwangi. ” Imbuhnya (DIK/ZEN)     

Recommended For You

About the Author: Banyuwangi News ID

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *