Tak Mau Dipulangkan, TKA Asal Cina Ngamuk di Bandara Banyuwangi

BANYUWANGINEWS.ID – Tenaga Kerja Asing (TKA) asal Cina Cui Changqing menolak dipulangkan ke negara asal dan memilih bersembunyi di bawah bus, pada Selasa malam (26/05/2020). Petugas gabungan dari Kepolisian dan TNI dari Kodim 0825 Banyuwangi pun, berusaha merayu Cui Changqing agar mau dipulangkan ke Negara asal. Namun TKA yang bekerja di pabrik semen di Kabupaten Jember tetap menolak.

Evakuasi dan negosiasi yang dilakukan petugas sejek malam hingga Rabu pagi (27/05/2020), membuat TKA asal Negeri Tirai Bambu ini, tetap menolak untuk dipulangkan melalui Bandara International Banyuwangi.

Hingga akhirnya Cui Changqing harus dibawa ke Polresta Banyuwangi, lantaran ia sempat merusak peralatan di Bandara Banyuwangi yakni seperangkat Komputer.

Sementara itu Eksekutive General Manager Angkasa Pura 2 Banyuwangi, Heru Karyadi saat dikonfirmasi mengatakan, kejadian TKA menolak dipulangkan di Bandara Banyuwangi memang benar. Pihanya pun dari awal kejadian langsung berkordinasi dengan petugas Kepolisian, TNI, serta Imigrasi melakukan kordinasi terhadap perusahaan TKA bekerja untuk dipulangkan ke perusahaannya yang ada di kabupaten Jember.

“ Kita bersama Polri, TNI, dan Imigrasi juga berkordinasi dengan PT.Sinoma Jember untuk melakukan penjemputan. Sehingga permasalahan ini dapat ditangani dan TKA tidak berlama lama di Bandara. ” Ucap Heru Karyadi kepada Banyuwanginews.id

Cui Changqing adalah satu dari 145 temanya Tenaga Kerja Asing asal Cina yang bekerja di perusahaan semen di Kabupaten Jember, menolak dipulangkan melalui Bandara International Banyuwangi. (DIK/ZEN)

Recommended For You

About the Author: Banyuwangi News ID

Tinggalkan komentar