Gotong Royong Warga Desa Kandangan Cegah Wabah Covid-19

BANYUWANGINEWS.ID – Masyarakat Indonesia saat ini sedang menghadapi wabah penyakit yang dapat merenggut nyawa. Wabah virus Covid-19 atau lebih dikenal virus corona hampir menyebar ke seluruh penjuru di Indonesia. Virus Covid19 atau virus corona dapat menjangkit siapa saja dan kapan saja. Masyarakat yang ada di desa dan perkotaan dihimbau untuk tetap menjaga kesehatan, menjaga jarak antar individu (physical distancing), menjaga agar saat ini tidak melakukaan kegiatan yang menimbulkan keramaian (social distancing), tetap tenang dan mengikuti himbauan dari pemerintah. dengan seperti itu akan memutus rantai penyebaran virus corona.

Pada hari Jumat tanggal 27 Maret 2020, Pemerintah Desa Kandangan melaksanakan kegiatan pencegahan agar virus corona tidak menyebar ke masyarakat. pencegahan yang dilakukan adalah penyemprotan Disinfektan di beberapa tempat, seperti tempat ibadah, tempat pendidikan, kantor desa dan rumah warga yang terdiri dari 4 dusun, dusun krajan, dusun sumberbopong, dusun sumberdadi, dan dusun sumberjambe.

Briefing persiapan aksi pencegahan wabah Covid-19 (Foto: Dwi Purnomo)

Pemerintah desa kandangan melaksanakan pemyemprotan Disinfektan dibantu oleh Majelis Takmir Masjid dan mushola, Komunitas peduli Kandangan (KPK), Karang Taruna, RT/RW, Kecamatan Pesanggaran, Koramil, Polsek, Linmas, Puskesmas Sumberagung dan Pemuda Lintas Iman. hal tersebut merupakan wujud gotong royong, bersatu padu mementingkan kepentingan kemanusiaan yang bertujuan agar masyarakat kandangan terhindar dari wabah virus corona.

Penyemprotan Disinfektan dibiayai oleh pemerintah desa dan donasi dari beberapa masyarakat. Penyemprotan berlangsung selama satu hari, sisa dari cairan disinfektan dibagikan kepada masyarakat. agar dua hari kedepan dilakukan penyemprotan secara mandiri dirumah masing-masing. pemerintah desa kandangan juga menghimbau kepada masyarakat untuk menjaga kebersihan lingkungan, menjaga kesehatan agar imun tetap terjaga.

Warga Desa Kandangan siap beraksi cegah wabah Covid-19. (Foto : Dwi Purnomo)

Kolaborasi antar pemerintah desa, komunitas dan masyarakat dalam memerangi virus corona sangat diperlukan. Hal positif tersebut perlu ditularkan dan diinformasikan kepada  masyarakat luas. bahwasanya saling menjaga, saling menguatkan, menjaga ketenangan, menjunjung nilai-nilai Pancasila dan Bergotong-royong akan melahirkan iklim positif. Hal-hal positif perlu diberitakan saat ini, terutama di media sosial agar media sosial dipenuhi oleh berita dan informasi menyejukkan pikiran dan hati ditengah tengah kondisi buruk seperti saat ini.

Penulis : Dwi Purnomo

Recommended For You

About the Author: Banyuwangi News

Tinggalkan komentar