Peduli Terhadap Anak, TRC PAI Banyuwangi Akan Berikan Edukasi Anak Melalui Sekolah

BANYUWANGINEWS.ID – Edukasi tentang perlindungan anak di Indonesia untuk saat ini perlu ditingkatkan, sehingga bisa memberikan pemahaman kepada orang tua serta masyarakat menyangkut perlindungan dan hak-hak anak.

Guna menyikapi maraknya kekerasan pada anak, Tim Reaksi Cepat Perlindungan Anak Indonesia (TRC PAI) Korda Banyuwangi bekerja sama dengan Kantor Desa Wonosobo, Kecamatan Srono melakukan edukasi  tentang perlindungan anak. Jumat (04/10/2019).

Kekerasan pada anak akan memberi dampak negatif dan luas terhadap korban terutama dalam proses tumbuh kembang anak. Kekerasan sendiri sering terjadi di lingkungan rumah tangga, lingkungan publik dan suatu komunitas.

Edukasi dengan tema “OPTIMALISASI KECERDASAN DAN PRESTASI ANAK MELALUI POLA KOMUNIKATIF ASAH, ASIH DAN ASUH YANG EFEKTIF, MOTIVATIF, INSPIRATIF DAN PARTISIPAN BERBASIS ILMU SPIRITUAL SMART PARENTING” ini bertujuan untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat bahwa kekerasan tidak hanya dari fisik, tapi juga kekerasan psikologis.

Sosialisasi kepada masyarakat (Foto: Sofan)

Kegiatan yang dihadiri oleh PJ. Kepala Desa Wonosobo, semua Kepala Dusun, Perwakilan Guru TK se-Wonosobo dan wali murid, anggota PKK Desa Wonosobo dan warga setempat tersebut berlangsung di Aula Balai Desa Wonosobo.

H. Sariyono S.Pd, selaku PJ. Kepala Desa Wonosobo menuturkan bahwa kegiatan tersebut sangat diharapkan agar tidak ada lagi permasalahan tentang kekerasan kepada anak.

“kegiatan ini memang sangat kita nantikan dan harapakan agar kedepannya di wilayah Desa Wonosobo tidak ada lagi permasalahan tentang anak. Mulai masalah kekerasan terhadap anak, kenakalan bahkan perkosaan atau persetubuhan anak dibawah umur.” tuturnya.

Ketua Korda TRC PAI Banyuwangi Wawan Hariyanto menjelaskan kegiatan tersebut merupakan wujud kepedulian TRC PAI yang akhir-akhir ini banyak kekerasan yang dilakukan kepada anak, serta pihaknya juga akan memberikan edukasi kepada pada anak-anak melalui sekolah.

“Kegiatan ini sebagai wujud kepedulian TRC PAI terhadap anak, di mana sekarang banyak kekerasan pada anak seperti banyak yang terlibat obat-obatan terlarang, asusila, dan kenakalan lainnya. Kita akan melangkah ke desa-desa dan sekolah-sekolah lebih dahulu, karena disitulah rentan akan kekerasan anak dibawah umur,” jelasnya.(Sofan/Zen)

Recommended For You

About the Author: Banyuwangi News

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *